Pernah gak kamu menemukan selebaran atau brosur tergeletak di sembarang tempat?
Kalau buat saya sih dulunya ini adalah
pemandangan yang lazim.
Saat pergi ke tempat umum seperti
mall, pasar, taman atau bahkan
perempatan jalan, saya seringkali melihat sales
sedang membagikan brosur kepada orang yang melintas terlepas dari butuh
tidaknya mereka terhadap produk yang ditawarkan.
Iya, pemasaran melalui pembagian brosur tersebut pernah
menjadi strategi pemasaran terbaik pada masanya. Banyak pengusaha yang rela mengeluarkan
modal sedikit lebih banyak untuk memasarkan produk mereka agar dikenal oleh
masyarakat. Walaupun, brosur yang dibagikan tadi ujungnya hanya akan disimpan beberapa saat saja.
Bagi perusahaan besar yang memiliki modal lebih sih
mungkin tidak masalah ya. Tapi bagaimana dengan bisnis yang baru dirintis dan
masih harus bertumbuh?
Untungnya aja zaman makin berkembang. Kalau kamu adalah
pelaku bisnis, sekarang kamu bisa memasarkan produk yang kamu miliki hanya
dengan bermodalkan sosial media. Cara tersebut jelas lebih efektif dan efisien,
sebab kamu tidak perlu khawatir atas biaya yang bakal terbuang cuma-cuma.
Tentunya kemudahan ini tidak lepas dari perkembangan
teknologi yang menghadirkan transformasi digital bukan?
Perjalanan Panjang Transformasi Digital
Setelah ribuan tahun tercatat
dalam penanggalan, dunia telah mengalami perubahan yang begitu besar di
berbagai aspek kehidupan. Kini, kamu telah sampai pada tingkatan perkembangan
yaitu revolusi industri 4.0 atau
yang disebut juga cyber physical system.
Revolusi industri 4.0 merupakan era terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dan
teknologi otomatisasi. Di mana perkembangan teknologi berlangsung pesat dan
berhasil menyentuh berbagai sel kehidupan.
Namun, yang harus kamu tau bahwa perkembangan teknologi
yang terjadi saat ini tidak serta-merta tanpa melalui perjalanan panjang.
Tahapan revolusi industri mulai dari 1.0 hingga 4.0 tersebut ditandai dengan
adanya penemuan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu.
Tahapan revolusi industri |
Pemahaman akan penggunaan dan manfaat dari teknologi
digital menjadi salah satu pendorong terjadinya transformasi digital. Tapi apa
sih makna sebenarnya dari transformasi digital itu?
Sesuai definisi dari transformasi yang berarti perubahan,
transformasi digital dimaknai sebagai perubahan yang terjadi sebagai dampak
dari pemanfaatan teknologi digital dengan tujuan menciptakan inovasi baru.
Nah, praktik transformasi digital
ini banyak diterapkan dalam konteks bisnis, yaitu dengan mengintegrasikan
teknologi digital ke dalam aktivitas bisnis secara menyeluruh baik saat membeli
maupun menjual produk/jasa. Dalam hal ini hasil transformasi digital menjadi
maksimal karena adanya penyatuan pelaku usaha dan teknologi digital.
Perubahan metode dari
konvensional menjadi digital diprediksi akan terus berlangsung, apalagi di masa
pandemi seperti saat ini. Keterbatasan aktivitas akibat Covid-19 justru semakin
mendorong terjadinya percepatan transformasi digital. Sebab, perannya memang sangat
dibutuhkan sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas
bisnis.
Urgensi Transformasi Digital dalam Dunia Bisnis
Dunia dalam genggaman adalah istilah yang sudah sering kamu dengar
dan nyata adanya. Di mana ada banyak hal yang dulunya harus dilakukan secara
manual sekarang jadi serba digital berkat kehadiran teknologi. Misalnya memesan
makanan, berbelanja barang kebutuhan, mengikuti kursus online, membuka toko online dan
sebagainya.
Perubahan pola aktivitas ini
merupakan bentuk dari transformasi digital. Kini semua jadi bisa kamu lakukan
dengan lebih cepat dan mudah kan?
Di saat yang sama, hal ini memberi kesempatan bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, namun juga tantangan bagaimana mempertahankan keberlangsungan bisnis tersebut di tengah persaingan global.
Karenanya percepatan transformasi digital harus sesegera mungkin dilakukan dalam aktivitas bisnis. Kenapa? Simak alasannya berikut ini ya.
Pentingnya transformasi digital dalam sektor bisnis |
Sampai di sini kita jadi paham kenapa transformasi digital perlu sesegera mungkin dilakukan. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya demi meningkatkan produktivitas dan daya saing.
Nah, untuk
mengoptimalkan proses ini kamu bisa memanfaatkan berbagai teknologi digital seperti
Big Data dan AI (Artificial Intelligence).
Peran Big Data dan AI dalam Mendorong Transformasi Digital
Big Data atau Mahadata merupakan himpunan data
dengan jumlah yang sangat besar baik terstruktur maupun tidak terstruktur
sehingga sulit apabila dikelola secara manual oleh manusia. Data yang terkumpul
sangat melimpah dan beragam, ada banyak informasi akurat yang
bisa kamu dapatkan dari kumpulan data tersebut.
Seiring dengan perkembangan
teknologi dan trend bisnis, Big Data memiliki peran yang sangat
krusial dalam kegiatan bisnis, khususnya dalam memahami kondisi pasar yang
dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, berkat Big
Data kamu dapat mengetahui perubahan yang terjadi dengan cepat dan dapat
segera mengambil langkah tepat, misalnya bisa segera menciptakan produk yang sesuai dengan trend di pasar.
Selain Big Data ada juga teknologi AI
yang memiliki peranan tak kalah penting dalam sektor bisnis. Apa itu AI?
Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk
melakukan tugas atau pekerjaan yang umumnya memerlukan kemampuan manusia.
Beberapa contoh AI yang bisa kamu
jumpai seperti asisten virtual Google dan Siri.
Uniknya, sama seperti manusia, AI juga membutuhkan pengetahuan dan
pengalaman supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Maka jangan heran ketika
kamu mendapati Google Assistant bisa meminta maaf jika melakukan kesalahan atas
perintah yang kamu berikan.
Dalam kegiatan bisnis, AI dimanfaatkan untuk menganalisis data
mengenai perilaku ataupun selera pelanggan sehingga dapat membantu kamu dalam
menentukan strategi pemasaran yang tepat. Teknologi AI memungkinkan kamu untuk mengenal pelanggan lebih dekat.
Lalu, sekarang yang menjadi pertanyaan
adalah di mana kamu bisa mendapatkan layanan Big Data dan AI sebagai
upaya untuk mengoptimalkan transformasi
digital dalam kegiatan bisnis?
Tenang, jawabannya saya
persembahkan dalam pembahasan lebih lanjut di bawah ini.
Transformasi Digital dengan Teknologi Widya Analytic
PT. Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic) merupakan startup yang menyediakan produk dan layanan berbasis Big Data dan AI (Artificial Intelligence). Widya Analytic berkomitmen membantu bisnis kecil atau UMKM maupun bisnis yang sedang bertumbuh melalui teknologi digital berbasis data.
Informasi yang diperoleh melalui data tersebut dapat dijadikan acuan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Kenapa? Karena Widya Analytic percaya bahwa data adalah sumber daya paling tepat dan akurat yang dapat dijadikan sebagai landasan atau tolak ukur dalam menentukan langkah strategis untuk menghadirkan perubahan yang lebih baik.
Lalu bagaimana cara Widya Analytic melakukannya?
Dalam hal ini Widya Analytic akan
menjembatani data yang tersimpan dalam
silos, yaitu kumpulan data yang memiliki akses terbatas, kemudian mengatur
data tersebut sebelum menerapkan algoritma Machine
Learning dan Artificial Intelligence untuk membantu dalam pengambilan keputusan.
Tidak hanya dalam sektor bisnis, Widya Analytic juga turut
membantu transformasi digital dalam lingkup pemerintahan yaitu Smart City, SPBE
dan Satu Data Indonesia, yang mana hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 95 tahun 2018.
Transformasi digital harus sesegera
mungkin dilakukan, terlebih di tengah keterbatasan pandemi seperti saat ini. Di
mana adanya transformasi digital memungkinkan masyarakat dapat memperoleh
layanan online selayaknya layanan yang
biasa mereka terima secara offline.
Menyadari pentingnya transformasi
digital dalam bidang pemerintahan, Widya Analytic telah menyediakan layanan
yang dapat membantu instansi pemerintah dalam mewujudkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).
Nah, setelah mengetahui bagaimana peran Widya Analytic dalam mendorong transformasi digital, sekarang saya akan beri tahu kamu produk dan layanan apa saja yang dimiliki oleh Widya Analytic.
Produk dan Layanan Widya Analytic
Widya Analytic
memiliki 1 produk yaitu Toba.AI dan
4 layanan yang terdiri dari, Toba Data,
Toba Algo, Toba Apps dan Toba Labs. Biar lebih mudah memahami,
mari kita bahas 4 layanan yang ditawarkan oleh Widya Analytic terlebih dahulu.
4 Layanan Widya Analytic |
Layanan yang ditawarkan oleh Widya Analytic di atas diharapkan mampu mengoptimalkan proses
transformasi digital untuk mengembangkan sebuah bisnis maupun sektor pemerintahan.
Selain empat layanan tersebut, Widya Analytic memiliki 1 produk teknologi bernama Toba.AI yang dapat digunakan untuk memonitoring sosial media Twitter dan Instagram bisnis kamu.
Kenapa hal ini menjadi penting, karena sosial media utamanya Instagram merupakan sarana yang paling tepat untuk melakukan promosi secara digital. Instagram menjadi alat jejaring sosial yang paling banyak memiliki pengguna aktif dan jangkauan terluas.
Analisis Sosial Media dengan Toba.AI untuk Wujudkan Bisnis Go Digital
Toba.AI mampu memberikan analisis mendalam
terkait performa sosial media. Saat ini Toba.AI
dapat memonitoring 2 platform sosial
media yaitu Instagram dan Twitter. Untuk mengoptimalkan perannya dalam membantu
pelaku usaha, pada tahun 2022 ini Toba.AI
juga akan mengembangkan sistem analisisnya pada platform sosial media Tiktok.
Toba.AI memiliki kemampuan untuk mengukur,
menganalisis dan membuat strategi berdasarkan data yang diperoleh dari akun
sosial media kamu, khususnya Instagram. Hadirnya Toba.AI ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha ataupun kreator dalam menjangkau audience mereka.
Biaya berlangganan Toba.AI sangat bersahabat. Mulai dari
Rp. 120.000 kamu sudah bisa mendapatkan beragam kemudahan dan keuntungan.
Semakin tinggi durasi langganan yang kamu pilih, maka akan semakin murah pula
biaya langganan yang Widya Analytic
tawarkan. Dan kabar baiknya, layanan Toba.AI juga dapat dicoba secara trial
selama 30 hari.
Biaya berlangganan Toba.AI |
Adapun kemudahan yang ditawarkan Toba.AI meliputi cek kompetitor, engagement per hashtag, monitoring audience, insight permedia, dan waktu followers aktif.
Berikut ini saya bagikan langkah-langkah penggunaan Toba.AI untuk memberikan gambaran dan memudahkan kamu dalam memahami bagaimana Toba.AI dapat menganalisis performa Instagram secara akurat dan mendalam.
Langkah Pendaftaran
1. Buka website Toba.AI (https://toba.ai/)
2. Lengkapi formulir pendaftaran.
Pastikan data yang kamu input valid dan benar. Jika sudah centang pernyataan
persetujuan lalu klik “Daftar.”
3. Cek email untuk memverifikasi akun
kamu dan lakukan konfirmasi untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
Langkah pendaftaran |
Catatan: untuk berlangganan Toba.AI silahkan memilih durasi yang
kamu inginkan atau mencoba versi trial terlebih dahulu.
Langkah Menghubungkan Akun Instagram ke Toba.AI
Untuk memudahkan proses, sebelum menghubungkan akun
Instagram ke Toba.AI sebaiknya pastikan
terlebih dahulu akun Instagram dan halaman Facebook kamu sudah terhubung. Caranya
bisa kamu lihat di sini.
Adapun langkah-langkah menghubungkan akun Instagram dan Toba.AI sebagai berikut:
1. Masuk ke akun Facebook yang terhubung dengan akun
Instagram bisnis kamu.
2. Centang semua akun Instagram kamu, jika sudah klik
“Selanjutnya.”
3. Centang semua halaman Facebook kamu, jika sudah klik
“Selanjutnya.”
4. Pastikan semua pengaturan ada pada posisi “Ya” lalu klik
“Selesai.”
5. Pilih akun Instagram yang ingin kamu hubungkan ke Toba.AI kemudian klik “Hubungkan.”
6. Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan berhasil.
Langkah menghubungkan akun Instagram ke Toba.AI |
Catatan: Toba.AI
memberikan langkah-langkah menghubungkan akun Instagram ke Toba.AI. Pahami dan cermati langkah-langkah tersebut supaya tidak
melakukan kesalahan yang mengharuskan kamu mengulang dari awal.
Penggunaan Toba.AI
Setelah menyelesaikan pendaftaran dan menghubungkan akun sosial media ke Toba.AI, sekarang kamu bisa menikmati semua fasilitas dan layanan yang tersedia di Toba.AI.
Data yang ditampilkan dalam Toba.AI dapat kamu unduh dalam format CSV dan XLSX. Jika ada hal-hal yang tidak kamu mengerti atau mengalami kendala tertentu, kamu dapat terhubung langsung dengan tim Toba.AI melalui WhatsApp. Fitur WhatsApp ini dapat kamu temukan di pojok kanan bawah pada layar monitormu.
Itulah beberapa keuntungan dan kemudahan yang diberikan oleh Toba.AI. Dengan informasi tersebut, tentu saja kamu bisa mengoptimalkan proses pemasaran dan meningkatkan produk penjualan sebagai upaya untuk mempercepat perkembangan bisnis yang kamu miliki.
Akhir Kata
Perubahan kebiasaan dari konvensional menjadi digital
menawarkan banyak kemudahan tetapi juga menghadirkan sejumlah tantangan yang
tidak mudah. Namun, hadirnya Widya Analytic mampu mengikis tantangan tersebut
hingga tak lagi menjadi persoalan.
Kamu bisa mengaplikasikan produk dan layanan dari Widya
Analytic seperti Toba.AI untuk mengoptimalkan proses pemasaran. Melalui teknologi
digital berbasis data ini, akan membantu kamu dalam membuat keputusan dan menentukan strategi yang tepat untuk
mengembangkan bisnis sekaligus percepatan transformasi digital.
Dan dalam tulisan ini saya telah memberikan gambaran
bagaimana Toba.AI mampu menganalisis performa sosial media secara akurat dan
mendalam. So, sekarang giliran kamu untuk mencobanya.
Sosial Media Widya Analytic
Referensi:
- Pengalaman pribadi
- Website resmi Widya Analytic (https://widyaanalytic.com/)
- Website resmi Widya Analytic transformasi digital (https://widyaanalytic.com/transformasi-digital/)
- Website resmi Toba.AI (https://toba.ai/)
- Perkembangan revolusi industri 1.0 sampai 4.0 (https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/)
- Big Data dan AI (https://www.ekrut.com/media/masa-depan-dunia-digital-di-tangan-ai-dan-big-data)